Pembuatan Trigger di MySQL

 Pada artikel kali ini, saya akan melakukan praktikkum Basis Data menggunakan MySQL, yaitu materinya adalah Trigger.

Yang pertama seperti biasa, kita masuk dulu ke server MySQL dengan syntax mysql -u root -p

Sebelumnya saya sudah membuat database sistem_pemesanan, selanjutnya adalah saya akan menambahkan tabel baru, yaitu tabel log_produk dan tabel log_harga, seperti gambar di bawah ini:


Selanjutnya saya akan melakukan insert data ke dalam kedua tabel tersebut, seperti gambar dibawah ini:


Berikutnya saya akan mulai membuat trigger yang fungsinya untuk mengetahui perubahan update dari sebuah data nantinya, untuk syntaxnya seperti gambar di bawah ini:


Kemudian, saya akan melakukan update data yang ada di tabel log_produk
Dan gambar dibawah ini adalah hasil pengujian trigger yang sudah dibuat sebelumnya:



Saya akan membuat trigger 1 lagi, tetapi sebelumnya saya akan menambah field baru ke dalam tabel log_harga, nama field nya adalah nm_produk_baru dan nm_produk_lama


Setelah itu, saya akan membuat trigger lagi, seperti gambar di bawah ini:


Kemudian saya akan melakukan update data pada tabel log_produk, kemudian melakukan pengujian trigger yang sudah dibuat:



Terima kasih, semoga bermanfaat :)

Komentar