Kegiatan KKN Tematik - Minggu ke #4

Setelah sukses melaksanakan KKN-Tematik di dua periode sebelumnya, pada bulan Juni 2022 pihak LPPM Universitas Alma Ata mulai menerjunkan mahasiswa KKN-T Periode ke-3 di 3 kelurahan berbeda, yaitu Sendangsari, Guwosari, dan Triwidadi. Yang lebih tepatnya berada di Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul. Pada periode kali ini, tema yang diberikan adalah "Bersama Mengoptimalkan Potensi Lokal dan Mewujudkan Bantul Bersih Sampah Tahun 2025."

Saya Adzan Fajar Sukmono Wahyudi dari Program Studi Sistem Informasi Angkatan 2019, Universitas Alma Ata, tergabung di kelompok 04, yang ditempatkan di Kalurahan Triwidadi, tepatnya di Padukuhan Pajangan. Berikut adalah kumpulan artikel selama saya berkegiatan KKN-T di Padukuhan Pajangan. Selamat membaca :))



Hari Senin, 4 Juli 2022



Memasuki minggu ke-4, lanjutan program kerja kami antara lain mengajar adik-adik Dukuh Pajangan terkait pelajaran di sekolah. Tapi terkadang kita beri jeda dengan belajar menggambar dan mewarnai, sampai membuat kaligrafi.

Setelah itu saya membantu teman-teman dari kumpulan prodi kesehatan dan membantuk para kader Dukuh Pajangan untuk melaksanakan Posyandu Harapan Bunda khusus balita dan juga lansia.

Kemudian pada sore hari ba'da maghrib, kami mendapat jadwal untuk mengajar TPA di Masjid Al-Fajar sampai ba'da isya.


Hari Rabu, 6 Juli 2022

Pada hari ini kegiatan saya hanya mendapat jadwal untuk mengajar TPA di tempat Bapak Sarimin dari ba'da magrhib sampai ba'da isya.



Hari Kamis, 7 Juli 2022

Di hari Kamis ini saya fokus untuk menyiapkan kebutuhan program kerja individu saya, yang mana proker yang akan saya laksanakan adalah "Sosialisai Fitur Kontrol Orang Tua Terhadap Penggunaan Smartphone Pada Anak." Hal yang perlu saya siapkan antara lain mencari materi yang berkaitan dengan fitur kontrol orang tua dari Google. Dimana saya mendapatkan sedikit kesulitan dalam proses mencari materi karena bahasa yang digunakan berbeda dan Google juga belum menyediakan bahasa yang interaktif dan mudah dipahami.


Hari Jumat, 8 Juli 2022

Pada hari Jumat ini, saya dan teman-teman bersama pemuda-pemudi Karang Taruna Dukuh Pajangan bergotong royong untuk membersihkan area luar dan dalam Masjid Al-Fajar, dalam rangka persiapan Hari Idul Adha 1443 H pada hari Minggu esok. Bersih-bersih yang kita lakukan antara lain menyapu pekarangan, 'babat alas' untuk area mengikat sapi kurban, dan mendirikan tenda.

Kemudian pada sore hari ba'da maghrib, kami mendapat jadwal untuk mengajar TPA di Masjid Al-Fajar sampai ba'da isya.


Hari Sabtu, 9 Juli 2022


Pada malam ini kami melakukan takbiran bersama warga Dukuh Pajangan di Masjid Al-Fajar. Beberapa dari kami juga bergantian untuk memimpin takbiran. Acara takbiran dibarengi dengan bercengkerama dan ngobrol satu sama lain dengan warga, tidak lupa cemilannya juga dimakan hehe ..


Hari Minggu, 10 Juli 2022


Kami mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1443 H. Di hari minggu ini, bertepatan dengan hari kurban, kami semua membantuk kegiatan di Masjid Al-Fajar Dukuh Pajangan. Mulai dari membantu para Ibu-ibu menyiapkan konsumsi, sampai membantu Bapak-bapak untuk memotong dan menyayati hewan kurban maupun memotong-motong daging dan melakukan penimbangan sebelum dibagikan kepada warga.

Lalu di malam harinya kami membuat sate kambing di rumah hehe .. :)


Mungkin hanya itu yang dapat saya ceritakan dan bagikan pada artikel kali ini, akhir kata saya mengucapkan terima kasih, semoga bermanfaat :)


Komentar