Penggunaan Data Manipulation Language di MySQL

 Pada artikel kali ini, saya akan melakukan praktikkum Basis Data menggunakan MySQL, yaitu mempraktikkan penggunaan DML (Data Manipulation Language).

Yang pertama seperti biasa, kita masuk dulu ke server MySQL dengan syntax mysql -u root -p



Disini saya akan melihat terlebih dahulu daftar database yang ada, dengan syntax show databases;



Lalu, saya akan meminta akses untuk menggunakan database Kasir yang sudah saya buat sebelumnya, dan menampilkan daftar tabel yang ada di dalam database Kasir.



Pada kali ini saya akan mengisi beberapa data ke dalam field yang ada di dalam tabel pelanggan seperti di bawah ini. Terdapat 6 field yang harus diisi.



Syntax untuk menginputkan data adalah dengan INSERT INTO nama_tabel VALUES ( ... );



Setelah selesai menuliskan syntax seperti gambar diatas, maka hasil yang akan didapat adalah seperti gambar table di bawah ini ..


Lalu, berikut adalah syntax untuk menampilkan data dari 2 field saja ..


Di bawah ini adalah syntax untuk menghapus data pelanggan yang mempunyai id_pelanggan=1


Di bawah ini adalah syntax untuk menghapus data pelanggan yang bernama Fulanah


Di bawah ini adalah syntax untuk mengganti nama pelanggan yang mempunyai id_pelanggan=3


Terima kasih, semoga bermanfaat :)

Komentar