Penggunaan Data Definition Language di MySQL

Pada artikel kali ini, saya akan melakukan praktikkum Basis Data menggunakan MySQL, yaitu mempraktikkan penggunaan DDL (Data Definition Language).

Yang pertama seperti biasa, kita masuk dulu ke server MySQL dengan syntax mysql -u root -p




Disini saya akan melihat terlebih dahulu daftar database yang ada, dengan syntax show databases;



Lalu, saya akan meminta akses untuk menggunakan database Kasir yang sudah saya buat sebelumnya, dan menampilkan daftar tabel yang ada di dalam database Kasir.



Saya akan menambahkan tabel baru, dengan syntax seperti berikut:




Berikut ini adalah daftar field yang ada di dalam tabel detail_pelanggan yang baru saja saya buat,



Di bawah ini saya akan mengubah nama dari field 'member', menjadi 'member_pelanggan'. Dengan syntax alter table 'nama_tabel' change 'nama_field' 'namafieldbaru' tipedata;



Selanjutnya adalah menambahkan field baru ke dalam tabel 'detail_pelanggan', dengan syntax alter table 'nama_tabel' add 'namafieldbaru' tipedata;



Dibawah ini saya akan mengubah tipe data dari field no_wa yang baru saja dibuat tadi, yaitu dengan syntax alter table 'nama_tabel' modify 'nama_field' tipedatabaru;


 
Lalu, saya akan menghapus field member_pelanggan yang ada di dalam tabel detail_pelanggan, dengan syntax alter table 'nama_tabel' drop 'nama_field';



Yang terakhir, saya akan menghapus table detail_pelanggan, dengan syntax drop table 'nama_tabel';



Terima kasih, semoga bermanfaat :)

Komentar