Review Jurnal : Penyelarasan Teknologi Informasi Dengan Strategi Bisnis

Judul Jurnal : Penyelarasan Teknologi Informasi Dengan Strategi Bisnis
Penulis : Nurdien Ashshidiqy dan Hapzi Ali
Publikasi : JEMSI (Jurnal Ekonomi dan Manajemen Sistem Informasi)
Link jurnal : https://dinastirev.org/JEMSI/article/view/46
E-ISSN : 2686 - 5238
Diakses : 28 Maret 2020
Reviewer : Adzan Fajar S.W (193100062)


          Pada zaman yang serba canggih sekarang ini, hampir semua hal sudah pasti menggunakan teknologi. Termasuk juga dalam strategi bisnis, hal ini seakan-akan sudah menjadi kewajiban yang mau tidak mau harus dipenuhi, agar bisa bersaing dengan kompetitor bisnis yang lain. Para pelaku bisnis berlomba-lomba untuk mendapatkan sebuah teknologi untuk menunjang bisnisnya, bahkan banyak pebisnis yang rela untuk merogoh kocek yang cukup dalam demi mendapatkan sebuah teknologi untuk keuntungan bisnisnya maupun keuntungan dalam bersaing dengan para kompetitor.

          Teknologi informasi akan mengubah proses sebuah strategi bisnis, yaitu hal-hal yang berkaitan dengan calon pelanggan dan layanan yang akan ditawarkan. Sebuah teknologi ini nantinya akan menjadi pendorong untuk berkembangnya usaha dari tiap perusahaan, dan atau menjadi pondasi untuk strategi bisnis nantinya. Dalam proses penyelarasan nantinya, perlu dilakukan perencanaan strategi teknologi informasi berdasarkan strategi bisnis dari perusahaan.

Berikut adalah 5 faktor yang perlu diperhatikan dalam membangun sebuah teknologi informasi nantinya, yaitu: menganalisis bisnis, membedakan teknologi informasi dengan tujuan pembangunan teknologi informasi, menganalisis kondisi sistem informasi saat ini, memastikan kesinambungan teknologi informasi dengan bisnis perusahaan tersebut nantinya, dan yang terakhir menilai infrastruktur teknologi informasi saat ini.

Penggunaan IT harus memperhatikan kepentingan–kepentingan perusahaan secara luas, seperti memenuhi kebutuhan para stake holder, mencari strategi–strategi baru, menyelaraskan sumber daya IT dengan kebutuhan bisnis, atau mengurangi duplikasi yang terjadi pada sistem, proses ataupun data. Penggunaan IT yang berjalan sesuai dengan strategi bisnis dapat memberikan keuntungan yang signifikan terhadap perusahaan, antara lain: efisiensi operasional, efektifitas proses produksi perusahaan, terbukanya banyak kesempatan terhadap perkembangan bisnis perusahaan, dan efisiensi otomatisasi terhadap pengambilan keputusan bisnis perusahaan.

Tapi, ada satu rintangan besar yang harus dihadapi oleh perusahaan. Yaitu, dalam melakukan penyelarasan teknologi informasi dan strategi bisnis, pasti terjadi perubahan. Baik perubahan dalam satu hal atau bahkan keduanya. Alhasil, hampir tidak ada perusahaan yang dapat mencapai keselarasan dalam jangka waktu yang lama, karena bisnis dan teknologi yang selalu berubah.

Inti dari penyelarasan teknologi informasi dengan strategi bisnis ini adalah dapat meningkatkan kapasitas berkelanjutan pengembangan usaha dan meningkatkan inti daya saing perusahaan dan pada akhirnya membantu perusahaan mencapai strategi bisnis mereka.

Komentar